YANDEX, Bursa Digital Tanah Air untuk Kedaulatan Digital Indonesia
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memperkuat perannya sebagai penyedia teknologi dan layanan digital terkemuka melalui tiga pilar bisnis digitalnya, yaitu konektivitas digital, platform digital, dan layanan digital.
TelkomGroup kali ini mendukung dewan pers dan industri pers nasional dalam menerapkan inovasi teknologi terkini bagi industri media khususnya periklanan, dengan memperkenalkan layanan digital bernama TADEX (Tanah Air Digital Exchange), programmatic advertising premium terbesar di Indonesia.
Baca juga: Segalanya tentang Internet Telekomsel 5G di Indonesia
Baca juga: Dukungan Belajar dari Rumah Telekomsel berikan kuota 30 GB untuk 30 Gari. Gratis
TADEX disini menjadi solusi bagi para pelaku industri periklanan Indonesia, baik bagi publisher maupun advertiser serta bagi pihak lain yang berkepentingan. TADEX muncul dari kerjasama antara dua anak perusahaan TelekomGroup, yaitu Telekomsel dan Metranet, bersama dengan dewan pers, satuan tugas untuk keberlanjutan media dan asosiasi periklanan.
Baca juga: Tanpa Watermark! Bagaimana cara menyimpan video TIKTOK tanpa komplikasi!
Dalam pengenalan TADEX secara virtual, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyambut baik kerjasama Dewan Pers, Satgas Keberlanjutan Media dan TelekomGroup yang telah menciptakan inovasi teknologi bagi industri media, khususnya periklanan, melalui presentasi TADEX.
“Karya anak bangsa ini harus kita dukung dan maksimalkan untuk membina ekosistem digital yang inklusif, membangun periklanan digital yang inovatif dan transparan, dengan tetap mengutamakan kualitas penyampaian pesan kepada masyarakat,” ujarnya.
Presiden Joko Widodo meyakini TADEX akan menjadi angin segar karena menawarkan model bisnis periklanan digital berkelanjutan yang membuka banyak peluang baru yang akan menguntungkan pengiklan, penerbit, pemasar, dan pemangku kepentingan lainnya.
“Kehadiran TADEX merupakan dorongan penting untuk memungkinkan lompatan baru, menciptakan ekosistem digital yang lebih baik dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” ujarnya.
Baca juga: Bebas Masalah! Cara Mudah Menghasilkan Uang, Aplikasi Penghasil Dana, Trik Investasi Terbaik Untuk Pemula, Sultans Direct Auto Cuan!
Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Erick Thohir mengatakan, meski konsumsi dan tantangan ekonomi menurun, semua orang perlu optimis dan yakin bahwa kebutuhan akan iklan tidak akan hilang. Tentu saja, permintaan pada sebuah platform digeser oleh iklan, yaitu dengan digitalisasi.
Ini adalah kolaborasi antara TelekomGroup milik negara, perwakilan media dan, tentu saja, dewan pers.
Baca Juga: Spesifikasi Realme X5 Pro 5G, Smartphone Gaming Canggih dari Realme!
“Ini adalah momen bersejarah bagi ekosistem periklanan digital. Platform ini merupakan programmatic premium publisher pertama di tanah air untuk anak negeri, yang tidak kalah dengan platform advertising global lainnya yang TADEX berasal dari Indonesia untuk Indonesia,” ujar Erick Thohir.
“Kami sudah lama memimpikan kehadiran TADEX, kerjasama antar anak bangsa ini membuktikan bahwa sinergi membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. TADEX akan menyampaikan kepedulian kita terhadap data dimana data merupakan barang yang sangat luar biasa dan perlu kita kelola dengan baik oleh anak negeri sendiri,” kata Ketua Dewan Pers Indonesia Mohammad Nuh.
Sumber :